Kamis, 04 Juli 2013

Wakil Bupati Labura Membuka Secara Resmi Acara Kegiatan Pelatihan Penanggulangan Bencana Daerah

Para Peserta Pelatihan Penanggulan Bencana Daerah Labura
Aek kanopan. Wakil Bupati Labuhanbatu Utara (H. Minan Pasaribu, SH.MM) membuka secara resmi acara Pelatihan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara yang di selenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Labuhanbatu Utara di Aula Grand Hotel Labura. Dalam Arahan dan Bimbingannya menyambut baik atas diselenggarkannya kegiatan ini dan kegiatan ini sangat strategis karena sebagaimana kita rasakan pada saat ini kita sedang dibayangi dengan cuaca ekstrim yang sewaktu-waktu dapat memicu bencana khusunya di Labuhanbatu Utara.

Suhu udara yang tinggi berpotensi untuk menimbulkan kebakaran, begitu juga dengan curah hujan akan rawan menimbulkan bencana dan tanah longsong , kalau hal tersebut tidak diantisipasi dan tiadak ada kesiapan melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna niscaya akan mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat, sehingga akan dapat mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Untuk itu dalam kegiatan ini nantinya akan memberikan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan dari bencana, yang meliputi  kegiatan penyelamatan dan evakuasi korban, harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, serta pemulihan sarana dan prasarana. berbekal dari pelatihan ini nantinya saudara-saudara para peserta diharapkan akan menjadi tenaga terampil untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana, yang merupakan suatu tugas kemanusiaan yang sangat mulia.

Saya selaku wakil bupati berusaha sedapat mungkin untuk memonitoring operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah agar dapat melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan kebutuhan di lapangan, ketika terjadi bencana atau sebelum terjadi bencana. sehingga apa yang menjadi visi pembangunan Labura, untuk terwujudnya Labuhanbatu Utara sejahtera, berlandaskan Iman dan Taqwa akan dapat kita rasakan bersama.

Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada para nara sumber dan Pelatih maupun Peserta dapat bekerjasama dalam proses pembelajaran di kegiatan ini nantinya sehingga proses transformasi pengetahuan dan keterampilan dapat tercapai dengan maksimal. 

Akhirnya dengan mengucapkan "Bismillahirrahmanirahim" Kegiatan Pelatihan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara dengan RESMI saya nyatakan di buka.
Wakil Bupati Menyematkan Tanda Peserta Pelatihan Penanggulan Bencana Daerah Secara Simbolis

Tidak ada komentar: