Senin, 08 Juli 2013

Pelantikan Pejabat Eselon II,III,IV di Jajaran Pemkab Labura oleh Wakil Bupati

(Damuli 9 Juli 2013) Melalui Petunjuk Bupati Labuhanbatu Utara Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara (H. Minan Pasaribu, SH.MM) secara resmi melantik pejabat eselon II,III, IV Struktural dan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Kecamatan Kualuh Selatan.


Dalam arahan dan Pidatonya Wakil Bupati Labuhanbatu Utara menyampaikan kepada para pejabat yang dilantik agar bekerja sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) masing-masing dan bekerjasama dan berkoordinasi. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan ini merupakan salahsatu wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utaradalam mengelola Sumber Daya Aparatur sehingga diharapkan dapat lebih meningkatkan rasa tanggungjawab dan optimalisasi kinerja. Sesuai dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok Kepegawaian serta berbagai aturan kepegawain lainnya, maka ini pelantikan ini tidak ada yang luar biasa. diharapkan kepada Pegawai yang dinilai layak dan memenuhi kriteria untuk dipromosikan menduduki jabatan tertentu dengan kemampuan tersebut mampu untuk meningkatkan kinerja, mengkoordinasikan dan mengarahkan para bawahannya ke arah pencapaian tujuan yang telah ditentukan organisasi.

saya juga ingin menegaskan bahwa mutasi ini kami lakukan dengan acuan pada evaluasi secara mendalam serta didasari pada kebutuhan untuk menjawab tantangan yang dihadapi, mutasi ini tidak semata-mata didasarkan kepada kewenangan tetapi juga memperhatiakn norma-norma kepegawaian yang berlaku, kompertensi, integritas, dan asfek manajeman Sumber Daya Manusia. Kita menyadari bahwa jabatan adalah amanah yang harus diemban dan dilaksanakan dengan baik, terutama amanah dari masyarakat yang memiliki harapan guna mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih baik. Berhasil atau tidaknya pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu Utara secara keseluruhan sangat tergantung kepada kinerja masing-masing komponen SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Kepada seluruh saudara yang dilantik hari ini saya ingin menyampaikan beberapa pesan untuk dapat dilaksanakan dalam menjalankan tugas kedinasannya antara lain :
  • Menjaga, Mempertahankan dan Meningkatkan integritas, loyalitas dan komitmen terhadap tugas dan tanggungjawab.
  • Meningkatkan kinerja pribadi sebagai seorang pemimpin dengan harapan agar selalu konsisten dalam berfikir, bersikap dan berbuat
  • mampu berkoordinasi dan berkomunikasi secara efektif dengan segala pihak terutama kepada pimpinan dan tidak mudah putus asa
Khusus kepada para Kepala Sekolah sebagai ujung tombak dalam peningkatan kualitas pendidikan harus mampu menjalankan sendi-sendi kepemimpinan seperti :
  • Mampu mengembangkan organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan
  • Mampu memimpin guru dan staf dalam rangka pendayagunaan SDM
  • Mampu mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
  • Mengelola pengembangan Kurikulum dan Kegiatan belajar mengajar
  • Mampu mengelola keuangan sekolah dengan prinsip pengelolaan akuntabel, trnasparan dan efesien
Bagi pengawas diharapkan agar mampu menyusun program kerja kepengawasan untuk setiap semester dan setiap tahunnya pada sekolah yang di bina, melaksanakan penilaian, pengolahan dan analisis data hasil belajar siswa dan kemampuan guru, mampu mengumpulkan dan mengelolah data sumber daya pendidikan. Selanjutnya khusus kepada Camat dan Kepala Kelurahan perlu saya tekankan agar berupaya meningkatkan kompetensi dan profesional dalam bekerja sehingga efesiensi dan efektifitas pelayanan kepada masyarakat dapat terlaksana, konsisten menunjukkan prilaku sebagai seorang pemimpin yang beretika sehingga dapat dijadikan panutan dan keteladanan bagi bawahan terutama kepada masyarakat, melakukan mobilisasi dan koordinasi secara berkesinambungan dengan berbagai pihak terkait dalam setiap proses pengambilan keputusan, dalam melaksanakan tugas selalu melakukan identifikasi masalah dan mengembangkan alternatif pemecahan masalah tanpa mencederai masyarakat, bersikap pro aktif untuk melayani masyarkat, memberdayakan seluruh elemen yang ada, berupaya mengingatkan istri saudara tentang betapa pentingnya peranannya dalam mendukung tugas dan tanggungjawab saudara sebagai Camat dan lurah dalam upaya meningkatkan kinerja PKK.
 
Perlu kami ingatkan bahwa kami selaku Pimpinan akan selalu memantau kinerja saudara sebagai bahan pertimbangan dalam perjalanan karir berikutnya. karena itu optimalkan semua potensi yang ada sehingga kita mampu mewujudkan sistem pemerintahan yang baik dan menggapai cita-cita untuk mensejahterakan rakyat berlandaskan Iman dan Taqwa.

Tidak ada komentar: